EDDIE VAN HALEN's ICONIC GUITARS

Tanggal 26 Januari lalu Edward Lodewijk Van Halen merayakan ulang tahunnya yang ke-63. Seorang legenda hidup yang menginspirasi saya sejak masa SMA. Kalau berbicara tentang sosok Eddie Van Halen tentu tak bisa dilepaskan dari gitar yang disandangnya. EVH dikenal sebagai gitaris jenius yang selalu mengoprek gitarnya sendiri sehingga sound yang dihasilkan sesuai dengan keinginannya sendiri dan menjadi trade mark. Kalau diurut-urut bermacam-macam gitar yang dia pakai tentu banyak sekali, tapi dalam artikel yang saya buat ini hanya sebagian kecil saja dan sejauh pengamatan saya gitar-gitar itu telah menjadi ikon sejarah perkembangan musikal Van Halen.




1960s Teisco Del Ray WG-4L



Ini adalah gitar pertama Eddie. Dia membeli Teisco Del Ray seharga $ 110 dari Sears dengan empat pickup - yang membuat kesan besar pada seorang bocah sekolah menengah. Pada saat itu, dia tidak punya uang untuk membeli amplifier, jadi dia akan bermain dengan gitarnya di atas meja yang membuatnya lebih keras karena akan beresonansi melalui kayu. Gitar Teisco dibuat di Jepang dan diimpor ke AS dengan berbagai nama seperti Silvertone dan Beltone. Model khusus Eddie mungkin berasal dari 1965-1966.
Teisco Del Ray seri baru kelak akan dia mainkan dalam klip lagu Finish What Ya Started yang masuk dalam album OU812.



The Gibson Les Paul


Selama bertahun-tahun, Van Halen juga menggunakan Gibson Les Paul Customs. 
Paling menonjol adalah yang difoto, yang benar-benar putih, dengan pickguard dilepas.


MINI GIBSON LES PAUL

Secara khusus Gibson mendesain mini gitar ini khusus untuk membawakan lagu "Little Guitar"
baik dalam rekaman maupun di panggung.

The Frankenstein (Frankenstrat)

Eddie membangun gitar ini sendiri pada tahun 1974. 
Dia punya ide untuk membuat sesuatu dari crossover 
antara Fender dan Gibson; dia menyukai tremolo dan 
penampilan Fender, tetapi dia lebih menyukai suara 
Gibson. Dengan pemikiran itu, dia pergi ke gitar 
Boogie Bodies yang bagian-bagiannya digunakan 
di Charvels awal, dan membeli sendiri tubuh dan 
leher yang belum selesai, dengan total $ 130. Eddie 
melukis tubuh hitam itu. Dia kemudian mengambil 
selotip dan menggulungnya di sekitar tubuh beberapa 
kali, dan kemudian mengecat ulang seluruh tubuh putih.
Ini menciptakan garis-garis hitam, yang segera menjadi 
semacam merek dagang Eddie. Dia juga membuat pickguard 
sendiri, dan sebagai sentuhan akhir menambahkan stiker 
Gibson di headstock.
 
1970s Ibanez Destroyer 2459 – “The Shark” 
Eddie mendapat gitar ini kemungkinan besar sekitar tahun 1977, sebelum rekaman album 
pertama. Awalnya, gitar memiliki sentuhan akhir yang alami, tetapi tampaknya Eddie melukis 
seluruh gitar putih di beberapa titik sesuai dengan beberapa foto dari sekitar waktu itu. 
Dia juga memindahkan sebongkah besar kayu dari tubuh menggunakan gergaji, yang membuat 
gitar terlihat seperti semacam crossover antara Flying V dan Explorer. Potongannya tidak 
bersih, dan potongan-potongan kecilnya menyerupai gigi - karena itu nama panggilan gitar 
"The Shark".

1978 Danelectro/Charvel Star

Ini adalah salah satu gitar yang kurang dikenal dari 
Eddie dari tahun-tahun awal. Dia mendapatkannya pada 
pertengahan 1978, tetapi sebagian besar terlihat selama
tur Invasi 1980. Eddie membeli tubuh dari Charvel, dan 
memasang leher dari Danelectro tua (leher yang sama 
persis ini terlihat pada beberapa gitar lain sebelumnya,
termasuk Charity yang berbentuk strat putih dengan 
pickup Telecaster di bridge.
Gitar inilah yang selalu dipakai oleh Akira Takasaki 
(Loudness) dan kemudian dikembangkan oleh ESP serta 
menjadi cikal bakal desain dari gitar produksinya 
sendiri yaitu Killers.
1979 Van Halen II – “Bumblebee” 
Untuk album kedua dan tur berikutnya Eddie membuat gitar 
lain, mirip dengan yang pertama. Dia meminta Charvel 
untuk mendesain sebuah body bergaya Strat yang dia 
miliki. Eddie melakukan beberapa percobaan dan akhirnya 
membuat pickup sendiri. Dia menggunakan humbucker 
DiMarzio, bereksperimen menggantikan magnet dengan 
magnet dari PAF Gibson. Untuk neck dia menggunakan 
yang dari Charvel dengan headstock hitam. Bagian 
belakang leher juga awalnya berwarna hitam, tetapi 
Eddie mengamplasnya karena dia lebih suka merasakan 
kayu yang belum selesai. 
Gitar asli ini akhirnya dimakamkan bersama Dimebag 
Darrell, gitaris Pantera yang meninggal secara tragis 
pada 2004.

The Frankenstein (v2)

Pada pertengahan 1979 Eddie memutuskan untuk kembali ke 
gitar pertamanya, tetapi dia berpikir itu perlu beberapa 
modifikasi. Dia membeli cat sepeda dan melukis semuanya 
merah, meninggalkan garis-garis hitam dan putih di atasnya. 
Setahun kemudian (1980), Eddie memasang mur pengunci dan 
tremolo Floyd Rose - untuk membantu menjaga agar gitar 
tetap selaras. Sekitar tahun 1982 ia memasang leher Kramer, 
dengan logo diamplas. Sejak itu ada beberapa leher aneh 
di atasnya. Pada tahun 2007 Eddie menulis "THIS IS THE SHIT" 
di bagian belakang leher gitar, sebagai semacam lelucon 
untuk membedakannya dari replika

DragonSnake

Setelah kecewa dengan suara Destroyer lamanya (The Shark),
sebagian besar karena penghapusan bagian tubuh yang baik 
di belakang jembatan, Eddie pergi ke Charvel dan memesan 
bagian untuk Destroyer barunya. Gitar itu dipasangi 
headstock hitam yang awalnya pada gitar Van Halen II, 
dan memiliki tremolo gaya Fender yang terpasang di 
atasnya. Eddie segera bosan dengan gitar karena itu 
tidak seperti yang diharapkannya. Dia menugaskan pembuat 
perabot lokal John F. Sterry untuk mengukir seekor naga 
menggigit ular keluar dari tubuh, tetapi untuk beberapa 
alasan Eddie tidak pernah benar-benar sempat bermain 
gitar ini di masa depan.DragonSnake dikenal karena 
penampilannya di sampul majalah Guitar World pada bulan 
Januari 1981.
 Rasta/Unchained Guitar 
Ini mungkin salah satu gitar Eddie yang kurang dikenal. Itu terlihat sekitar 1981/82, dan 
awalnya dimulai dengan selesai hitam dan putih, dan itu menjadi dikenal sebagai gitar 
"Unchained" - atau "Bye Later See Ya" karena kata-kata yang tepat ditulis di bagian belakang 
body. Untuk alasan yang tidak diketahui Eddie memutuskan untuk mengecat ulang yang 
terinspirasi dari budaya Rasta. Sepertinya dia juga mengganti pickup dengan humbucker 
DiMarzio X2N. Rupanya Eddie mengira bahwa gitarnya terlalu berat, jadi dia melepaskan neck 
gitar itu, dan gitar itu hanya teronggok di studio 5150 yang membuatnya berdebu selama 
bertahun-tahun. Pada pertengahan 1990-an Dweezil Zappa datang dan Eddie memberinya gitar 
Rasta itu.
 Kramer 5150 Baretta 
Setelah bertemu Dennis Berardi dalam penerbangan 
pesawat pada tahun 1981, Eddie menjadi tertarik pada 
gitar Kramer, dan akhirnya membuat kesepakatan 
dukungan dengan perusahaan.Pada tahun 1983 Kramer 
Baretta diperkenalkan sebagai model signature series 
EVH pertama.Gitar baru ini basic-nya Frankenstrat, 
dan menampilkan warna merah yang sama dengan garis-
garis hitam dan putih. Gitar itu dioprek oleh Eddie 
di 5150 Studio dan selesai pada tahun 1983, di mana 
semua album Van Halen berikutnya direkam.Eddie 
memainkan gitar Kramer sejak 1983 hingga 1991.

Kramer Doubleneck

Hanya dua gitar yang pernah dibuat untuk Eddie - satu dengan warna merah, dan satu lagi 
berwarna kuning, keduanya menampilkan stripe decals.Mereka dibuat oleh Paul Unkert ketika 
dia bekerja di pabrik Kramer.

Steinberger GL-2T

Eddie menggunakan gitar ini secara khusus karena sistem TransTrem, pada lagu-lagu seperti 
'Get Up' dan 'Summer Nights' untuk 5150 album yang dirilis pada tahun 1986.Gitarnya dicat 
secara khusus dengan grafis "Frankenstein", dan itu memiliki dua pickup EMG di dalamnya.

Music Man Eddie VH Signature

Pada tahun 1990 Eddie mengakhiri kesepakatannya dengan 
Kramer dengan kesan yang buruk, dan beralih ke gitar 
Ernie Bell Music Man. Music Man EVH yang baru 
menampilkan tubuh basswood (kadang-kadang dengan 
1/8 ″ tutup maple) yang dibentuk sangat berbeda dari 
apa pun yang dimainkan Eddie sebelumnya. Ini memegang 
dua humbuckers DiMarzio, dan sistem tremolo Floyd 
Rose. Neck di atasnya adalah maple, dan secara 
elektronik dipetakan agar terlihat dan terasa seperti 
yang dia gunakan pada gitar Kramer favoritnya.Eddie 
menggunakan gitar ini untuk dua album VH, "Unlawful 
Carnal Knowledge” dan “Balance". Kerja sama itu 
kemudian berakhir pada tahun 1995, alasan utama yang 
diduga adalah kenyataan bahwa Music Man bukan 
perusahaan yang cukup besar, dan tidak dapat 
menghasilkan cukup gitar ini untuk memenuhi permintaan.

 Music Man Eddie VH Doubleneck 
Eddie menggunakan gitar ini ketika khusus membawakan lagu "Spanked" selama dia menggunakan 
gitar Music Man. Bagian atas gitar disajikan sebagai bass 6 senar, dan bagian bawahnya 
adalah gitar biasa.

Peavey EVH Wolfgang

Pada tahun 1996 Eddie menandatangani kesepakatan dengan Peavey, setelah dia berhenti kerja 
sama dengan Music Man. Gitar Peavey diberi nama sama dengan anak semata wayang Eddie yaitu 
Wolfgang dan terlihat sangat mirip dengan model MM tetapi menampilkan beberapa perbaikan dan 
perubahan dalam desain. Eddie memainkan gitar ini dari tahun 1996 hingga 2004, ketika ia dan 
Peavey akhirnya berpisah juga.
EVH Wolfgang

Eddie mengambil beberapa prototipe gitar ini untuk tes jalan selama tur reuni 2007 dengan 
David Lee Roth. Gitar baru dibuat oleh gitar Fender, dan terlihat sangat mirip dengan model 
Peavey, tetapi hanya sedikit orang yang memperhatikan sesuatu yang berbeda. ia menggunakan 
EVH Wolfgang Stealth di studio pada pengerjaan album "A Different Kind of Truth ”. Gitar ini 
juga menampilkan frets stainless steel, dan headstock yang dirancang khusus yang dipegang 
Eddie. Seluruh leher selesai dengan urethane yang digosok tangan, untuk membiarkan kayu 
bernafas dan menua dengan benar.
 Akhir artikel ini saya ingin menampilkan pandangan musisi terhadap EVH tapi saya tidak ingin 
dari musisi besar. Saudara saya seorang gitaris dan vokalis dari band brutal death metal 
DEATH VOMIT barangkali cukup bisa merepresentasikan sosok seorang EVH dari sudut pandangnya. 
" Jenius,kharismatik, energik. Sosok virtuoso dalam banyak
tehnik gitar. Muted arpegios, bend tapping dan segudang
tehnik lainnya. Arsitek nada-nada canggih yang belum pernah
terpolakan gitaris-gitaris pendahulu dan seangkatannya.
Literasi hidup generasi penerusnya termasuk bagi gitaris
edan Morbid Angel (Trey Azagthoth) yang berhasil menjangkau
luar batas logika gitaris. EVH adalah folder database
lengkap seorang pemain gitar." ( Sofyan Hadi )


dari berbagai sumber bacaan.
foto-foto bersumber dari Google

Posting Komentar

0 Komentar