ORACLE, Jakarta Bay Area Thrasher new LP

3:36:00 PM
BAY AREA THRASH METAL bisa saya sebut sebagai cikal bakalnya genre thrash metal saat ini. Tumbuh di seputaran San Fransisco, California pada tahun 1980 an dengan Metallica serta Exodus sebagai pionernya. Bagi penggemar thrash metal pasti dapat dengan mudah membedakan ciri khas musik ini dengan metal lainnya. Pattern drum yang khas serta ditimpali distorsi gitar rapat plus shredding dengan warna vokal beragam tanpa growl. 

                                                   beberapa album Oracle koleksian saya

Dalam tulisan saya kali ini bukannya mau mengupas sejarah band ORACLE yang memproklamirkan dirinya sebagai Jakarta Bay Area Thrasher, tetapi hanya me-resensi album terakhir mereka The Forgotten. Dalam album terakhir ini mereka tetap setia dengan jalur Bay Area-nya. Perbedaan yang sedikit mencolok hanya pada sektor vokal, si Troy justru mengeksplore kemampuan vokalnya dengan warna beragam berbeda dengan album-album sebelumnya. Album terakhir ini tanpa diperkuat oleh gitaris Wisnu yang telah cabut dan diganti oleh Diaz. Personil lainnnya tetap yaitu Troy (vokal), Jimmy (gitar), Bayu (bass) dan Mahendra (drum). Pergantian gitaris ini tidak merubah benang merah musik mereka.


Diawali dengan komposisi instrumentalia berjudul "The Forgotten" seolah menegaskan kembali ke-Bay Area-annya. Sesuatu yang unik muncul di track nomor tiga dengan adanya sisipan awal komposisi gending Jawa yang semakin memperindah distorsi lagu ini. Terdapat pula lagu semi ballad yang sebenarnya menjadi ciri band-band Bay Area thrash metal yang belum pernah mereka masukkan dalam album-album terdahulu yaitu lagu "Seventh Wings". Secara keseluruhan mereka menyajikan racikan thrash metal yang benar-benar bergizi. Mereka juga menkover lagu Nice Dreams dari Powermad. Tema lagu-lagu mereka masih seputaran masalah-masalah sosial yang ada di negeri ini.

Track list :

  1. The Forgotten
  2. Pencerahan Satu Mata
  3. Fucked Up people Inc
  4. Crossing Al-Shirath
  5. Dark Tide
  6. Paedhopilia
  7. Seventh Wings
  8. Let There Be Light
  9. Into The Fire
  10. Nice Dreams
4 bintang nilai dari saya untuk album ini........
Previous
Next Post »
0 Komentar