Interview Transformasi "Rosalinda" Menuju "Carnivored"

Hallo Metalheads, kali ini kami menyuguhi interview bersama om ganteng, sekaligus frontman carnivored saat ini. yakni, Ronald Carnivored. silahkan simak interviewnya berikut :

Live In Binjai Death Fest 2013
Courtesy : Adi Sulistyanto
Musickviewer : Apa kabar nald,sehat?  Kalau boleh,bisa ceritakan segelintir sejarah awal mula lahirnya carnivored ?

Ronald Carnivored :
Gue sehat-sehat aja Mike, Semoga lu dan teman-teman di Borneo baik-baik juga yah. Oia sorry banget ya, gue telat ngebales interview ini.
Carnivored terbentuk disekitar tahun 2006, di wilayah Pamulang, Tengerang Selatan. Awalnya dari pertemanan di suatu tongkrongan komplek, Ario (Gitar), Hansen (Vocal), Gilang (Bass), dan Geo (Drum) yang pada saat itu sedang gemar-gemarnya mendengarkan musik metal, maka dibentuklah band dengannama “Rosalinda”. Pada waktu itu konsep musiknya masih seperti Despised Icon dan semacamnya (mungkin boleh dibilang Deathcore kali ya). Semakin kedepan, musik Rosalinda semakin bergeser dari konsep awal, karena notabene-nya Ario yang sebagai konseptor dalam membuat music lebih kearah Old skull Death Metal seperti Vader, Cannibal Corpse, dan juga sedikit sentuhan Modern Death Metal seperti Decpitated, Psycroptic, Decrepit Birth.Maka nama Rosalinda pun diganti dengan “Carnivored” yang dinilai lebih cocok dengan music mereka pada saat itu.
Singkat cerita ditahun 2008  Carnivored mendapat tawaran bergabung menjadi bagian dari Rottrevore Records untuk dirilis album pertamanya. Namun Hansen dan Geo mengundurkan diri,dan band sempat vakum selama satu tahun. Di tahun 2009 Gilang dan Ario mengajak gue dan Oces untuk mengisi posisi vocal dan drum yang kosong. Album pertama Revival dirilis ditahun 2012 dibawah bendera Rottrevore Records, tidak lama setelah itu Gilang mengundurkan diri. Welby masuk diakhir  tahun 2013 berbarengan dengan digarapnya album kedua kami “No Truth Found” yang dirilis secara independent pada April 2012.

Musickviewer : Bicara soal influence, dan influence anda sendiri di death metal apa saja?

Ronald Carnivored :
Untuk influence di Death Metal masih yang umum-umum saja, seperti: Decapitated, Meshuggah, Vader, Psycroptic, Gojira.
Dalamhal influence untuk Carnivored, gue sebagai pendengar agak selektif, dan jika diperhatikan influence music Carnivored tidak melulu pada ranah Death Metal saja. Intinya gue dan anak-anak paham dalam mengaransemen musik Death Metal, tapi supaya music Carnivored semakin luas dan kaya, gue dan anak-anak juga mendengarkan musik lain diluar ranah Death Metal  sebagai influence.

Live In Binjai Death Fest 2013
Courtesy : Adi Sulistyanto
Musickviewer :Nah, Anda sendiri di tahun berapa bergabung bersama carnivored, apakah melalui audisi rahasia?

Ronald Carnivored :
Seperti yang sudah gue sampaikan, gue bergabung ditahun 2009, dan tidak ada audisi pada saat itu. Gue memang sudah berteman dengan anak-anak Carnivored sejak band ini baru terbentuk. Pada waktu Carnivored sedang mencari vokalis diajaklah gue untuk mengisi posisi vocal. Kebetulan pada saat itu gue sedang tidak tergabung dengan band manapun, danmereka pun suka dengan karakter vocal gw, akhirnya gue bergabung dengan Carnivored.

Musickviewer :Apakah anda sendiri sebelumnya, juga punya band death metal atau, ada genre lain?

Ronald Carnivored :
Yup, sebelumnya gue memang punya band Death Metal seperti Cryptopsy, Dying Fetus dengan nama “One Shoot One Kill”. Band ini terbentuk sekitar tahun 2004, hanya bertahan sampai tahun 2008 saja.Belum sempat merilis album apapun, hanya demo-demo saja yang sekarang entah dimana keberadaan demo tersebut.
                         
Musickviewer :  apa ada tanggapan teman-teman penikmat carnivored di album sebelumnya, setelah anda bergabung menggantikan frontman sebelumnya ?

Ronald Carnivored :
Katanya sih berbeda dan membawa warna baru kemusik Carnivored, Lol :P

Musickviewer :Boleh dong tahu, kesibukan anda sendiri selain carnivored?

Ronald Carnivored :
Selain Carnivored gw biasa ngisi waktu luang dgn ngurus bisnis clothing gw bernama Dhroned, dan juga gw baru saja menjalankan bisnis kecil-kecilan dibidang kuliner. Selain itu selama dua tahun ini hamper tiap pagi gw selalu berolahraga freeletics dan calisthenic di taman komplek rumah, haha.

Musickviewer : Di tahun 2013 yang  silam pada bulan Oktober,carnivored pernah meng-agresi Kalimantan Barat. Nah, tanggapan anda mengenai scene metal Kalbar bagaimana?

Ronald Carnivored :
Gue belum bisa membaca scene di Kalbar secara mendalam, karena pada waktu itu memang singkat banget waktu gue disana. Yang pasti sih acara pada saat itu meriah dan banyak band-band potensial yang  memang belum terekspose aja. Semoga scene di Kalbar semakin solid dan tidak ada permasalah karena perbedaan genre dimusik metal untuk ke depannya.

Live In Binjai Death Fest 2013
Courtesy : Adi Sulisyanto
Musickviewer :Sepulang agresi dari Kalbar ada tidak, teman-teman di Jakarta yang Tanya mengenai antusiasme metalhead Kalbar?

Ronald Carnivored :
Yup banyak teman-teman di Jakarta yang penasaran dengan scene metal di Kalbar, dan mereka harus mencoba manggung di Kalbar, karena memang punya kesan tersediri yang tidak ada di wilayah manapun.

Musickviewer : Yang support anda secara pribadi, dan berpengaruh di carnivored itu siapa-siapa saja?

Ronald Carnivored :
Mereka-mereka yang berada di dalam Carnivored itu sendiri.

Musickviewer :Di waktu ganti logo band dari yang lama, ke logo yang baru ada yang protes?

Ronald Carnivored :
Hmmm sejauh ini sih tidak ada yang protes, mungkin memang sesuai dengan music Carnivored yang semakin berkembang.

Musickviewer : Boleh dong tau, tanggapan teman-teman soal Album No Truth Found kemarin?

Ronald Carnivored :
Respon positif yang kami terima untuk album No Truth Found sangatlah besar, karena jika dilihat dari album pertama kami, Revival memang sangat jauh berkembang. Lebih variatif, lebih dinamis, lebih enak, hahaha.
Tapi ada juga beberapa teman yang lebih suka dengan style Carnivored di era album Revival.

Musickviewer : Apa harapan anda saat ini, untuk Carnivored selain album baru kalian,ingin onstage dimana?

Ronald Carnivored :
Gue berharap Carnivored semakin  solid, produktif, dan lebih matang lagi dalam hal musikalitas, equipment, manajemen, promo, kreatifitas, performa, dan interaksi di panggung.
Gue pengen Carnivored kembali onstage di Kalbar lagi, lalu tour keliling Kalimantan, Sulawesi, Sumatra, hehehe. Kalau onstage di luar negeri, semua juga mau, hahaha.
Live In Rock In Solo 2015
Courtesy : Seputar Event
Musickviewer : Ok, mungkin ada pesan untuk teman-teman metalhead nusantara?

Ronald Carnivored :
Why so serious? Have fun! ;)

Musickviewer : Ok, nald terima kasih banyak, sudah mau meluangkan waktu untuk interview. harapan kami untuk carni sudah tentu terus dan terus lah berkarya dan tetap berbahaya untuk metalhead nusantara cheers men !!!

Ronald Carnivored : Siap Mike, Thank you so much yah! Sampai jumpa lagi, salam buat teman-teman di Kalbar,dan sukses ya. 

Posting Komentar

0 Komentar