Decapitated Nyaris Putus Asa

6:08:00 PM


Vitek Dan Vogg

Salah satu death metal kelahiran kronso polandia ini, menurut saya cukup diperhitungkan, kenapa?band yang terbentuk pada tahun 1996 ini, yang formasi awalnya diperkuat oleh beberapa pemuda jebolan sekolah musik dan oleh dua bersaudara diantara lain : Waclaw ''Vogg" Kieltyka sebagai gitaris dan komposer serta saudaranya Witold "Vitek" Kiełtyka sebagai drummer dan untuk vokal diisi oleh Wojciech "Sauron" Wąsowicz serta bassist oleh Marcin "Martin" Rygiel.

Pada formasi awal dan apa adanya tersebut, mereka merilis demo pertama yakni cemeterial gardens pada tahun 1997 dan pada tahun 1998, mereka juga langsung merilis demo kedua mereka dengan judul the eye of horus. tidak dapat dipungkiri diusia yang terdengar muda vogg dan vitek membawa decapitated sangat diperhitungkan di scene bawah tanah, kerja keras dan passion mereka membuahkan hasil, sehingga dilirik oleh Erache Records/Wicked World dan kemudian merilis debut album pertama mereka yakni Wind Of Creation di tahun 2000.

Vogg dan martin mempunyai proyek yang cukup unik, mereka bermain symphonic experimental technical black. di tahun 2000 decapitated melakukan serangkai tour mereka di inggris, dan mendapat apresiasi dengan voted "Best Newcomer." oleh majalah Terrorizer (bukan terrorizer besutan pete sandoval ya, tapi itu sebuah majalah layaknya metal hammer.)
Vitek sang drummer masih berusia 15 tahun ketika proses rekaman debut album wind of creation, bisa dibilang mungkin, dia drummer dengan usia termuda di genre technical brutal. atau mungkin mungkin ada yang lebih muda diera itu?

Formasi ke-2
Album Wind Of Creation diproduseri oleh
frontman Vader yakni, Piotr Wiwczarek yang juga merupakan dedengkot death metal asal polandia. dimana album tersebut juga mengcover lagu slayer di album south of heaven yaitu mandatory suicide. Namun sayangnya pada tanggal 28 october  tahun 2008 silam, bus yang mereka tumpangi, mengalami kecelakan di tabrak truck di daerah dekat perbatasan rusia dan belarusia. Pada saat itu juga Vitek sang drummer dan Covan sang vokal mengalami cidera parah. Sehingga cidera parah tersebut mebuat sang drummer meninggal dunia dan  sang vokal terbaring koma, begitu pula banyaknya stage yang batal mereka naiki. band ini sempat mengalami kome beberapa tahun pasca kecelakan yang melibatkan tewasnya sang drummer dan membuat sang vokal terbaring koma.


Kemudian Vogg sebagai leader di tahun 2009 berencana memutuskan, untuk mengbangkitkan kembali decapitated yang sempat vakum 2 tahun pasca kecelakan, yang membuatnya nyaris putus asa. Namun, lewat dukungan moril orang-orang terdekatnya dia ingin membawa decapitated kembali mengerjakan materi rekaman dan menjalani serangkaian tour dibeberapa kota. Pasca meninggalnya Vitek, sebagai penghargaan dan rasa solidaritas banyak fans mereka kolektif mengumpulkan dana untuk anak dan istrinya.

Walau dalam benak seorang Vogg nyaris berpikir bahwa decapitated sudah usai dan tidak dapat dibayangkan jika decapitated bermain tanpa seorang vitek diposisi drummer. Namun dengan semangat, dan dukungan  vogg coba mencari drummer baru yang mana menurutnya sangat sulit untuk ditemukan apalagi menggantikan vitek. alhasil ia pun menemukan Krimh (Kerim ''Krimh'' Lechner lewat youtube, yang menarik perhatiannya saat itu krimh mengcover drum lagu lama decapitated. kemudian menyusul bergabungnya bass dan vokal yang mana masing-masing diisi oleh Rafal Piotrowski pada  vokal dan Filip "Heinrich" Halaucha pada bass.

Line up Decapitated yang baru
Dengan line up yang baru mereka pun akhirnya menggarap materi di album baru yakni Carnival Is Forever yang mana album baru tersebut juga menjadi album ke lima bagi Decapitated itu sendiri. Dengan mengusung tema baru di album baru mereka, itu juga tidak luput menjadi topik pembicaraan serta tanggapan fans mereka, ada yang membenci bahkan adapula yang menyukai hasil eksplorasi dan mendapat cita rasa baru di album yang berisi 8 lagu berbahaya tersebut.


Nah, demikanlah ulasan singat saya mengenai Decapiated yang sudah nyaris putus asa, namun kembali berdiri dengan semangat baru serta cita rasa baru, yang menggugah selera kita sebagai penikmat pollish death metal.

Salam
Stay Metal !!!!!
Previous
Next Post »
0 Komentar